FreeConferenceCall, sebuah layanan conference call atau rapat/konferensi daring yang dapat dinikmati secara gratis. Kita bisa mendapatkan aplikasinya di Google Playstore dan Apple App Store. Selain itu ada juga versi desktop (per tulisan ini) untuk Windows PC, Linux (saya sudah coba di Linux Ubuntu 18.04 LTS), dan juga MacOS. Kita bisa mendaftar dengan gratis dan dengan mudah memulai rapat/konferensi daring.

ANDROID

Setelah memasang aplikasi dari Google PlayStore, jalankan dan masukkan informasi cara bergabung seperti di atas:

di aplikasi tersebut pilih Join new meeting

Lalu masukkan informasi untuk bergabung seperti yang tertera di undangan:

atau cara lain, jika informasi di atas didapat dari email, maka tautan yang ada di dalam informasi tersebut bisa langsung diklik dan akan memanggil aplikasi FreeConferenceCall untuk bergabung ke rapat daring yang telah dibuat. 

Kali ini kita akan memasukkan sendiri identitas rapat (Meeting ID) yaitu: gabrielwishnu5 lalu klik Join.

Layar berikutnya akan menampilkan dua pilihan sebelum bergabung. Yang pertama Call In, yaitu bergabung melalui panggilan PSTN. Disebutkan juga di bawah menu tersebut bahwa pilihan ini paling bagus untuk rapat yang hanya membutuhkan komunikasi suara saja. Bagaimanapun komunikasi suara di jaringan PSTN jauh lebih jernih dan stabil dibandingkan VoIP. Hanya saja kita tidak dapat melakukan panggilan gambar dan melakukan screensharing.

Pilihan kedua adalah Call In Using WiFi or Data. Pilihan ini cocok untuk panggilan video dan juga screensharing.

Dalam contoh di sini saya akan memilih Call In Using WiFi or Data untuk mencoba screensharing. Setelah bergabung, saya dapat melihat peserta meeting (yang kebetulan saya sendiri juga):

Test screensharing dari sisi Windows PC dengan memilih menu Share di layar utama, lalu muncul menu aplikasi yang berjalan di Windows yang hendak dibagikan. Pilih Power Point Slide Show yang kebetulan sudah dijalankan, dan klik Start sharing:

Dari tangkapan layar gawai tampak mendatar seperti berikut:

BERGABUNG DARI PSTN

Cara berikutnya untuk bergabung adalah melalui panggilan telepon biasa (PSTN). Mari kita perhatikan kembali tangkap layar undangan:

• Dial ke nomer 021 3970 2915

• Setelah terdengar IVR, masukkan kode akses (865679#)

Dari sisi penyelenggara, daftar peserta akan muncul pengguna yang bergabung dari PSTN seperti berikut:

Selama rapat/konferensi daring, kita dapat melakukan recording(rekaman). Kapasitas yang disediakan sebesar 1GB per akun. Berkas rekaman dapat diunduh agar ruang penyimpanan dapat digunakan untuk menyimpan rekaman berikutnya. Berkas rekaman dapat juga dikirimkan melalui surel.

Pada saat rapat daring selesai, akan muncul laman yang memberitahukan pranala rekaman.

Selain itu rekaman juga dapat diakses dari laman utama FreeConferenceCall. Log masuk ke akun kita, lalu pilih History & Recordings

di laman berikutnya kita dapat melihat daftar rekaman yang pernah kita buat, dan kapasitas penyimpanan yang telah dipakai.

Seperti yang telah disebutkan, kapasitas maksimal yang disediakan gratis sebesar 1GB. Jika kita memerlukan tambahan kapasitas, dapat dilakukan melalui tautan Buy More.

FASILITAS TAMBAHAN

Daftar fasilitas tambahan yang dapat kita peroleh dengan tambahan biaya dapat di lihat di daftar berikut (per tanggal tulisan ini):

DONASI

Walaupun layanan ini bisa digunakan gratis, FreeConferenceCall menyediakan tautan bagi yang ingin berdonasi.

Di halaman aplikasi terdapat tautan bertuliskan Help Us Provide Free Communications. Klik tautan tersebut untuk melakukan kontribusi/donasi:

Cukup mudah bukan?

Selamat mencoba, selamat beraktifitas di rumah, sehat selalu

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *