SmartPBX
PABX Boros Biaya Service? Saatnya Beralih ke Cloud PBX!
2024-10-02T13:58:43
Ofon
Author
Biaya selalu saja menjadi permasalahan saat memiliki phone system di kantor. Kini, sudah ada alternatif yang hemat biaya: cloud PBX phone system. Betul, PBX in cloud, yang artinya semuanya berbasis cloud.
Dengan sistemnya yang menggunakan cloud, maka sudah dipastikan banyak kelebihan yang didapatkan oleh perusahaan. Mulai dari skalabilitas, kemudahan, dan yang paling penting biaya telekomunikasi yang bisa ditekan.
Namun jika dipikirkan kembali, apa sebenarnya yang membuat traditional PABX begitu boros? Apa yang membuat cloud lebih baik? Artikel ini akan menjelaskan tentang keduanya agar Anda yakin untuk beralih ke cloud.
Alasan Mengapa PABX Boros Biaya Service
Seperti yang diketahui, merawat private automatic branch exchange alias PABX bukan merupakan perkara yang mudah. Berbeda dengan cloud PBX yang perangkat sistemnya di tempat penyedia, PABX letaknya di kantor.
Tetapi apa sebenarnya yang membuat biaya layanan PABX begitu mahal, sebagai phone system yang dipakai untuk komunikasi semata? Begini hal-hal yang meningkatkan biayanya:
- Pertama-tama instalasi dan initial setup yang diberlakukan. Penyedia service PBX nantinya akan memasang phone line, backup battery, dan perangkat lainnya. Kemudian di-test dahulu untuk memastikan jika semuanya sudah berfungsi.
- Kedua, biaya lisensi dari PABX itu sendiri. Setiap PABX memiliki kapabilitas ekstensi yang berbeda. Jadi kalau ingin ditambah ekstensinya, maka harus kembali membayar lagi.
- Ketiga, biaya perbaikan apabila terjadi gangguan. Misalnya seperti ingin mengganti kabel telepon, power supply yang rusak, hingga ada gangguan pada dial tone/router. Belum lagi membayar jasa perbaikannya.
- Terakhir, sparepart untuk perbaikan itu tadi. Apabila perusahaan memiliki PBX yang sudah lama atau discontinued, sparepart-nya akan semakin langka, yang berarti akan semakin mahal harganya.
Jika dihitung semua, total biaya layanan—ditambah dengan harga dari PABX itu sendiri—untuk memakai PABX tentunya sangat besar. Untuk perusahaan yang berkembang, biaya ini akan sangat berdampak besar.
Kapan Waktu yang Tepat untuk Beralih ke Cloud PBX?
Sebenarnya, beralih ke cloud based PBX system bukan suatu keharusan. Hanya saja belakangan ini, semakin banyak PABX tradisional—seperti analog atau hybrid PBX—yang tidak akan mendapat dukungan lagi.
Seperti salah satunya yaitu perusahaan NEC. Tahun ini, NEC mengumumkan untuk memberhentikan produksi dan dukungan terhadap seri-seri lama NEC. Ke depannya, NEC akan berfokus ke BLUE series yang berupa cloud IP PBX.
Tahun lalu, Panasonic juga telah menghentikan layanan PABX dan SIP. Salah satu alasannya karena penurunan market PABX konvensional, dan peningkatan demand cloud based phone system yang semakin tinggi.
Tanpa mendapat dukungan, perbaikan PABX tidak hanya sekedar sulit. Kemungkinan softphone yang terus diperbarui, tidak akan mendukung phone system yang sudah berhenti mendapat dukungannya.
Sebab itu, perusahaan diharapkan untuk bersiap-siap apabila PABX yang mereka pakai saat ini tak lama lagi akan discontinued. Dengan beralih ke phone system berbasis cloud yang masih mendapat dukungan yang lama.
Mengapa Harus Beralih ke Sistem Cloud PBX?
Alasan dari mengapa harus pindah ke sistem cloud, bukan hanya semata PABX tradisional yang mulai outdated. Sebagai alat telekomunikasi modern, cloud PBX adalah sistem business phone yang semuanya serba virtual.
Dengan begitu, tidak ada instalasi yang dapat memakan ruang kantor atau di bangunan kantor tersebut. Fungsi dari cloud PBX telekomunikasi juga lebih dari sekedar cloud, tetapi juga:
- Dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi bisnis yang populer. Tidak perlu repot untuk melakukan aktivitas bisnis.
- Dapat melakukan transcoding dengan lancar. Hasil transcoding juga akan lebih bagus dibandingkan PABX yang lama.
- Punya sistem failover jika sedang ada gangguan internet. Tidak akan ada kendala dalam proses komunikasi.
- Dapat dukungan dan update dalam waktu yang lama. Tidak perlu khawatir jika harus ganti vendor PBX cloud yang baru.
Itu hanya segelintir dari banyak fungsi-fungsi yang dimiliki oleh PBX dengan layanan berbasis cloud. Bagi Anda yang ingin menggunakannya, berikut rangkuman mengenai apa saja kelebihan PBX yang memakai cloud:
Biaya yang Lebih Rendah
Perlu ditekankan kembali, jika PBX berbasis cloud tidak memerlukan instalasi di kantor perusahaan Anda. Tanpa instalasi dan initial setup, otomatis PBX berbasis cloud akan memiliki biaya awal yang lebih murah.
Ini berarti, Anda juga tidak perlu membayar harga PABX per seat yang sangat mahal pada umumnya. Cukup dengan berlangganan saja, dan fasilitas PBX cloud sudah dapat dipakai (istilahnya ready to use).
Fleksibilitas dan Skalabilitas
Kekurangan dari traditional PABX yang paling besar adalah opsinya yang terbatas. Misalnya jika Anda ingin softphone dengan fitur terbaru, PABX ini belum tentu bisa mendukung instalasi softphone tersebut.
Berbeda dengan cloud, Anda dapat bebas memilih mau ekstensi atau fitur yang memang Anda sangat perlukan. Jika nantinya ingin menambah atau mengganti fitur tertentu, ini tetap masih bisa dilakukan dengan mudah.
Akses yang Lebih Mudah
Dengan sistem cloud PBX VoIP (Voice over Internet Protocol), Anda dapat mengakses telekomunikasi secara lebih luas. Contohnya jika perusahaan Anda memiliki cabang di kota lain, komunikasi masih dapat digunakan.
Hubungan antar karyawan tidak hanya sekedar dari telepon ke telepon, namun juga ke laptop, komputer, hingga smartphone. Jadi akses ke jaringan komunikasi dengan PBX berbasis cloud tentunya akan lebih mudah.
Fitur yang Lebih Lengkap
Jika dibandingkan ke PABX yang masih tradisional, PBX berbasis cloud memiliki fitur yang lebih lengkap. Pertama, VoIP yang dimiliki oleh cloud PBX vs VoIP PBX tradisional adalah sistem yang lebih lengkap.
Dengan implementasi VoIP versi PBX yang cloud, Anda akan mendapatkan berbagai macam fitur telepon yang lebih spesifik. Misalnya seperti call forwarding, call routing, call monitoring, automated callbacks, dan lain-lain.
Perihal komunikasi, PBX berbasis cloud juga menyediakan fitur SMS, video call, voice mail, bahkan hingga team collaboration tools. Integrasi ke beberapa email seperti Outlook dan Gmail juga bisa dilakukan.
Komunikasi yang Lebih Aman
Bukannya komunikasi dengan PABX tradisional itu saja sudah terbilang aman? Memang benar. Namun, tingkat keamanan yang diberikan dari PBX berbasis cloud jauh lebih besar.
Hal ini dikarenakan PBX berbasis cloud memiliki enkripsi secara end-to-end. Artinya, setiap voice call atau text message yang dikirimkan melalui PBX berbasis cloud antar karyawan, akan lebih aman dari kebocoran data.
Gunakan Ofon sebagai Cloud PBX Solutions Terbaik
Jika Anda mulai tertarik, Ofon dapat menjadi pilihan cloud PBX Indonesia terbaik untuk segala kebutuhan telekomunikasi perusahaan Anda. Mengapa harus beralih ke Ofon PBX?
- 100% jaringan cloud dengan skalabilitas tinggi, dan sudah terjamin dengan adanya SLA (service level agreement).
- Ofon PBX siap digunakan jika Anda sudah berlangganan dengan kami. Proses instalasi juga cepat dan mudah.
- Portal management berbasis website yang dapat diakses di berbagai perangkat, dan di mana saja Anda berada.
- Dapat menggunakan identitas nomor telepon yang sudah dipakai lama di perusahaan.
- Tersedia customer care selama 24, serta dukungan teknisi yang dilakukan oleh tim profesional.
Intinya, mulailah untuk beralih ke cloud PBX guna menghemat biaya pengeluaran dari PABX yang kian meningkat. Gunakan Ofon PBX untuk memulai langkah Anda ke business phone system yang lebih hemat!
Author
Copywriter
Avoid Misunderstandings and Switch with Ofon!
Need to optimize the way your business communicate? Contact us and get a free audit.
Contact UsHubungi Kami untuk Solusi Telepon Terbaik Bisnis Anda!
Kami ingin memahami tantangan komunikasi yang dihadapi oleh bisnis Anda. Silakan hubungi kami untuk menemukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Jadwalkan Meeting
Dapatkan Asesmen Cepat dan Gratis
Temukan Solusi yang Dipersonalisasi
Menara Batavia Lt. 12A, Jl. K.H. Mas Mansyur No.Kav. 126, Karet Tengsin, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250
marketing@ofon.co.id
(021) 3971 0000
PT Batam Bintan Telekomunikasi
Ofon adalah solusi komunikasi telepon bisnis terintegrasi di Indonesia yang menghubungkan nomor telepon kantor ke berbagai platform, perangkat, cabang, dan jaringan di seluruh Indonesia.
Menara Batavia Lt. 12A, Jl. K.H. Mas Mansyur No.Kav. 126, Karet Tengsin, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Jakarta 10250
marketing@ofon.co.id
(021) 3971 0000