Sebenarnya penambahan nomor ekstensi pada Microsoft Teams masih belum memungkinkan. Sebagai cara lain, hal tersebut dapat diakali pada SBC Direct Routing. SBC Direct Routing lah yang akan mentranlasikan mapping dari nomer ekstensi pada Phone System dengan DID pada setiap usernya.

Salah satu contoh integrasi yang memungkinkan adalah menghubungkan Microsoft Teams dengan Ofon SmartPBX. Dimana baik SmartPBX dan Microsoft Teams sama sama sistem teleponi berbasis cloud.

Prasyarat :

– Blok ekstensi dari SmartPBX dan Microsoft Teams sudah didefinisikan sebelum dilakukan integrasi. Hal ini bertujuan agar memudahkan pengaturan routing pada kedua sistem teleponi. Pada contoh, blok ekstensi pada SmartPBX adalah 11XX dan blok ekstensi pada Microsoft Teams dalah 10XX

– SBC Direct Routing berfungsi menghubungkan SmartPBX dan Microsoft Teams.

– Microsoft Teams tidak mengenali nomer ekstensi, semua panggilan pada nomer ekstensi menuju Microsoft Teams akan ditranslasikan oleh SBC Direct Routing menjadi DID Line-URI.

Dialplan Rules:

SmartPBX ke Microsoft Teams : 11XX atau 11\d{2} dengan prioty 0

Microsoft Teams ke SmartPBX : 10XX atau 10\d{2} dengan priority 0

Disini saya tidak menjelaskan detail bagaimana dialplan menuju PSTN atau carrier. Praktisnya tergantung masing masing penerapan. Sebagai contoh sederhana dapat menggunakan dialplan dengan rules CatchAll dengan priority 1 atau sesudah priority 0. Ini bertujuan agar dialplan antar ekstensi SmartPBX dan Microsoft Teams dapat dieksekusi terlebih dahulu. Bisa dilihat pada tulisan saya sebeulmnya di sini.

SIP Trunk dari SmartPBX ke SBC Direct Routing

– Tambahkan device dan ekstensi pada SmartPBX. Buat dengan nomor ekstensi sesuai aturan yang sudah didefinisikan. Sebagai contoh dibuat user dengan device dan nomer ekstensi 1017.

Ektensi 1017 ini akan mewakili satu user pada Microsoft Teams. Jika ada beberapa user maka perlu ditambahkan masing masing satu device dan ekstension untuk mewakilinya. Atau dalam cara praktis lainnya dapat dibuatkan modifikasi routing untuk bisa mengakomodasi kebutuhan routing panggilan dengan hanya user dan device saja.

SIP Trunk dari SBC Direct Routing ke SmartPBX

Tambahkan SIP trunk baru dari SBC Direct Routing menuju SmartPBX. SBC Direct Routing perlu mengenali panggilan dari SmartPBX lalu melakukan routing menuju Microsoft Teams. Masukkan kredensial dari username, password, dan realm pada device ekstensi yang sebelumnya sudah diset pada SmartPBX.

SIP Trunk SBC Direct Routing – SmartPBX.

Asumsinya adalah SBC Direct Routing sudah terhubung dengan Microsoft Teams, hal ini karena sudah dikonfigurasikan pada step sebelumnya ketika menghubungkan nomer DID dari PSTN menuju Microsoft Teams.

Tahap selanjutnya adalah mengkonfigurasikan routing panggilan pada SBC Direct Routing untuk panggilan ekstensi antara SmartPBX dan Microsoft Teams.

Pada SmartPBX tidak diperlukan perubahan routing panggilan, dikarenakan secara otomatis SmartPBX sudah mengenali Microsoft Teams dari blok ekstensi yang sudah disepakati sebelumnya. Hal ini berbeda dengan Microsoft Teams yang memerlukan mapping dari nomor ekstensi menjadi nomor DID.

Routing SmartPBX ke Microsoft Teams

Perhatikan konfigurasi diatas. Pada routing panggilan diatas dilakukan translasi nomor tujuan dari 1017 menjadi +622713400062. Hal ini agar panggilan dapat termapping pada user yang sudah ditentukan.

Routing Microsoft Teams ke SmartPBX

Pada konfigurasi dari Microsoft Teams ke SmartPBX dilakukan pula normalisasi panggilan. Hal ini karena secara default Microsoft Teams akan membawa format E.164 yang akan selalu membawa awalan +62. Sebenarnya hal tersebut dapat dilakukan melalui normalisasi pada Microsoft Teams. Pada CsOnlineVoiceRoute. SmartPBX tidak akan mengenali panggilan tersebut apabila tidak dilakukan normalisasi.

Setelah trunking dan routing selesai disetup, dapat dilanjutkan melakukan test panggilan ke antar ekstensi.

Test Call dari SmartPBX ke Microsoft Teams.

Panggilan dial dari softphone yang teregister ke Ofon SmartPBX dengan ekstensi 1123 menuju ekstensi Microsoft Teams 1017

Panggilan berjalan dari SmartPBX ke Microsoft Teams

Test Call dari Microsoft Teams ke SmartPBX

Panggilan dari user Microsoft Teams dekstop app ke ekstensi 1123 yang ada di SmartPBX

Panggilan berjalan dari Microsoft Teams ke SmartPBX

Integrasi antara Microsoft Phone System tidak terbatas hanya pada SmartPBX saja. Hal serupa juga dapat dilakukan dengan menggunakan eksiting on premise IPPBX seperti Grandstream, Sangoma, PBXAct, Yeastar, CUCM dll. Perbedaan requirement dari masing – masing vendor masih perlu dicoba dan ditest dikarenakan perbedaan pada cara konfigurasi.

Integrasi antara SmartPBX dan Microsoft Teams dapat dilakukan secara seamlessly dengan layanan Cloud Direct Routing yang memungkinkan menghubungkan kedua sistem teleponi yang berbeda.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *